mahkamah agung

security

Written by Super User on . Hits: 20

Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Akan Mendorong Upaya-Upaya Administratif

Berupa Peningkatan Kelas Pengadilan Agama Di Wilayah Hukumnya

 

          Sentani, 05 Februari 2024, Pengadilan Tinggi Agama Jayapura sangat serius dalam upaya peningkatan kelas pengadilan yang berada di wilayah hukumnya hal tersebut diketahui dalam sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura YM. Bapak Dr. H. Khaerudin, S.H. M.Hum. dimana dalam sambutan tersebut beliau juga menyampaikan bahwa program prioritas Pengadilan Tinggi Agama Jayapura adalah terkait penguatan kelembagaan dan kualitas layanan peradilan. Sebagai tumpuan bagi masyarakat pencari keadilan, khususnya yang beragama Islam, ekspektasi masyarakat terhadap layanan dan peran peradilan Agama sangatlah besar.

2 3

          Oleh karena itu lanjut beliau di tahun 2024 ini, Pengadilan Tinggi Agama Jayapura akan mendorong upaya-upaya administratif berupa peningkatan kelas Pengadilan Agama di wilayah hukumnya. Karena sampai saat ini Pengadilan Agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura hanya 1 (satu) satuan kerja yang kelas 1A dan 9 (sembilan) satuan kerja lainnya yang kelas II. Padahal 3 (tiga) satuan kerja diantaranya berada di ibukota provinsi, yaitu Pengadilan Agama Merauke di Ibukota Provinsi Papua Selatan, Pengadilan Agama Nabire di Ibukota Provinsi Papua Tengah, dan Pengadilan Agama Wamena di ibukota Provinsi Papua Pegunungan.

          Beliau juga menjelaskan bahwa untuk kepentingan jenjang karier Hakim maupun aparaturnya serta menjadi bagian dari penguatan lembaga, Pengadilan Tinggi Agama Jayapura akan mengupayakan dan menjadikan program prioritas tahun 2024 peningkatan kelas Pengadilan Agama di-wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura yang memenuhi syarat untuk menjadi Kelas IB. Adapun yang menjadi data dukung usul peningkatan klasifikasi pengadilan agama harus melampirkan sejarah pengadilan, struktur organisasi, data tenaga teknis dan non teknis, jumlah pegawai, sarana dan prasarana, wilayah yusrisdiksi, dan peta lokasi. Serta Unsur Substansif dalam 3 (tiga) tahun terakhir dan Unsur Penunjang dalam 1 (satu) tahun terakhir.

(ris)

Add comment


Security code
Refresh

Peta Pengadilan Agama Biak

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Biak

Jl. Majapahit, Karang Mulia, Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Papua 98111

Telp: 0981-21343
Fax: 0981-21343

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Biak 2021