Berkat rahmat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, Sistem Transparansi Saldo Anda Serta Dokumentasi Akta-akta Sidang, atau yang selanjutnya disebut sebagai Layanan Serasan Sekundang PA Muara Enim telah diresmikan oleh Ketua PA Muara Enim, Drs. H. Muchlis, SH, MH. pada hari kamis tanggal 17 September 2015. Dengan demikian, Layanan Serasan Sekundang PA Muara Enim dapat dinyatakan telah Go Publik.

foto: Ketua PA Muara Enim, Drs. H. Muchlis, S.H.,M.H. didampingi unsur hakim, pejabat kepaniteraan dan pejabat kesekretariatan berfoto bersama dengan masyarakat pencari keadilan yang beruntung mendapat penyerahan langsung map Serasan Sekundang secara simbolis.

Setelah sekian lama dilihat-lihat, diterawang-terawang, dan di utak-atik, akhirnya masyarakat bisa merasakan dan memanfaatkan Layanan Serasan Sekundang PA Muara Enim tersebut. Layanan Serasan Sekundang adalah satu dari tiga inovasi pelayanan publik di PA Muara Enim yang sedang dikembangkan oleh tim inovasi pelayanan publik PA Muara Enim. Dua Inovasi Layanan Publik PA Muara Enim lainnya adalah "Kantin Kejujuran" dan "SPBU PA Mara Enim".

Secara de facto, Layanan Serasan Sekundang PA Muara Enim tersebut telah diterapkan dan diujicobakan sejak satu minggu sebelumnya, namun demi prinsip kehati-hatian maka barulah dirasa siap, inovasi pelayanan publik andalan PA Muara Enim tersebut berani meminta Ketua PA Muara Enim untuk secara resmi melaunching sekaligus menyerahkan "map hijau" pertama kepada masyarakat pencari keadilan yang beruntung mendapatkan layanan -super transaparan- tersebut.

foto: Panmud Gugatan, Ahmad Sanusi, S.Ag saat memberikan contoh kepada Petugas Meja I tata cara melayani dan menjelaskan kepada masyarakat pencari keadilan tentang apa dan bagai mana Layanan Serasan Sekundang PA Muara Enim.

Sebagai mana telah dibocorkan pada pemberitaan-pemberitaan sebelumnya, bahwa Layanan Serasan Sekundang PA Muara Enim merupakan inovasi pelayanan publik yang berbasis pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat pencari keadilan, yakni kebutuhan untuk mendapatkan informasi yang seterang-terangnya dan sejelas-jelasnya mengenai transaksi dan saldo panjar biaya perkara yang telah disetor oleh masyarakat pencari keadilan tersebut  melalui rekening PA Muara Enim di Bank Syariah Mandiri.

Secara teknis dapat dijelaskan bahwa Layanan Serasan Sekundang PA Muara Enim tersebut ditandai dengan adanya map berwarna hijau yang akan didapatkan oleh masyarakat pencari keadilan apabila berperkara di Pengadilan Agama Muara Enim. Map hijau tersebut nantinya sebagai bukti bahwa pemiliknya merupakan pihak (Penggugat/Pemohon) yang sedang berperkara di PA Muara Enim, dan berhak mendapatkan layanan serasan sekundang tersebut. Map hijau tersebut akan memuat dokumen-dokumen resmi persidangan mulai dari surat gugatan/permohonan hingga akta cerai, dan terutama sekali akan berisi rincian (transparansi) dalam bentuk tabel pengeluaran panjar biaya perkara sejak dari setoran awal, biaya redaksi, biaya meterai, biaya panggilan pihak-pihak berperkara, hingga sisa panjar biaya perkara yang dapat diambil lagi oleh yang bersangkutan. Karena tidak seluruh masyarakat mengetahui bahwa pada dasarnya panjar biaya perkara yang telah dibayarkan tersebut dapat diambil sisanya.


foto: proses pengambilan gambar (shooting video) untuk melengkapi sarat mengikuti lomba Inovasi Pelayanan Publik Peradilan Tahun 2015.

 

 

Statistik Pengunjung

1 2 7 5 2
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
44
59
12752
0
2018
3628
12752
IP Anda : 107.22.48.243
2018-04-25 14:05