Untuk mencapai visi dan misi Pengadilan Agama Biak yang tersebut di atas, maka dapat dijabarkan dalam rencana strategis Pengadilan Agama Biak tahun 2016 s/d 2020 sebagai berikut :

  1. Tujuan

Tujuan strategis merupakan penjabaran dari pernyataan misi yang hendak dicapai dalam kurun waktu lima tahun yaitu tahun 2016 –2020. Dengan diformulasikannya tujuan strategis ini maka Pengadilan Agama Biak dapat secara tepat mengetahui apa yang harus dilaksanakan oleh organisasi dalam memenuhi visi dan misinya, untuk kurun satu tahun sampai lima tahun kedepan dengan mempertimbangkan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki. Lebih dari itu, perumusan tujuan strategis ini juga memungkinkan satker Pengadilan Agama Biak mengukur sejauh mana visi dan misi pengadilan telah dicapai mengingat tujuan strategis dirumuskan berdasarkan visi dan misi pengadilan. Untuk itu, agar dapat diukur keberhasilan organisasi dalam mencapai rencana strategisnya, setiap tujuan strategis yang ditetapkan akan memiliki indikator kinerja (performance indicator) yang terukur.

  1. Sasaran

Sasaran strategis Pengadilan Agama Krui merupakan penjabaran dari visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan yang menggambarkan sesuatu yang dihasilkan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun dan dialokasikan dalam 5 (lima) periode secara tahunan melalui serangkaian kegiatan yang akan dijabarkan lebih lanjut dalam rencana kinerja tahunan. Penetapan sasaran strategik ini diperlukan untuk memberikan fokus pada penyusunan kegiatan dan alokasi sumber daya organisasi dalam kegiatan atau operasional organisasi tiap-tiap tahun untuk kurun waktu 5 (lima) tahun yaitu mulai tahun 2016 sampai tahun 2020. Selanjutnya, pada masing-masing sasaran ditetapkan program yang akan dijalankan untuk mencapai sasaran terkait. Sama halnya seperti sasaran terhadap tujuan, program-program yang ditetapkan sepenuhnya mendukung pencapaian sasaran yang terkait. Adapun sasaran tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatnya penyelesaian perkara;
  2. Peningkatan kwalitas putusan Hakim;
  3. Peningkatan efektifitas pengelolaan penyelesaian perkara;
  4. Peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap peradilan (acces to justice);
  5. Meningkatnya kepatuhan terhadap putusan pengadilan;
  6. Meningkatnya kualitas pengawasan.

Renstra (Rencana Strategis) Pengadilan Agama Biak Tahun 2016-2020 merupakan komitmen bersama dalam rangka menetapkan kinerja dalam tahapan-tahapan yang terencana dan terprogram secara sistematis melalui penataan penertiban, perbaikan, pengkajian pengelolaan terhadap sistem, kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang efektif dan efesien. Mengacu pada Renstra Mahkamah Agung RI, dengan demikian Pengadilan Agama pasca satu atap bersama dengan Peradilan Umum, Militer, Tata Usaha Negara di bawah naungan Mahkamah Agung, maka dapat direncanakan secara strategis  hal-hal sebagai berikut :

  1. Membangun sikap yang percaya diri untuk mewujudkan Peradilan Agama Biak menjadi Peradilan yang mandiri, berwibawa, terhormat dan dihormati.
  2. Meningkatkan sumber daya manusia baik teknis yudisial maupun non teknis yudisial melalui bimbingan yang berkesinambungan.
  3. Mengaktifkan dan memanfaatkan internet/website Pengadilan Agama Biak, Aplikasi Simkep, Aplikasi Aset, SIPP, Aplikasi Keuangan, Komdanas, PP39 dan meja informasi dalam penggunaan dan pengembangannya untuk membantu kelancaran tugas pokok Pengadilan Agama Biak.
  4. Melakukan pembinaan dan pengawasan di bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan.
  5. Memfasilitasi lembaga mediasi untuk membantu menyelesaikan perdamaian bagi masyarakat pencari keadilan pada Pengadilan Agama Biak.
  6. Pengusulan Pembangunan dan renovasi gedung kantor Pengadilan Agama Biak yang sesuai dengan standar prototype Mahkamah Agung.

Dengan berdasarkan hal-hal tersebut, maka dibutuhkan perangkat kebijakan dari pimpinan organisasi yang diimplementasikan dalam program-program kerja sehingga tujuan dan sasaran strategis tersebut tergambar dalam program kerja kemudian dijabarkan dalam kegiatan-kegiatan rencana kinerja tahunan. Adapun kebijakan untuk mencapai sasaran dan tujuan strategis Pengadilan Agama Biak adalah :

  • Meningkatkan fungsi IT secara maksimal dan mendorong penyelesaian beban pekerjaan dengan modul schedule time., khususnya penggunaan aplikasi SIPP.
  • Mendorong terselenggaranya diklat, baik di bidang teknis yudisial

maupun bidang kesekretariatan.

  • Mengikutsertakan aparatur peradilan baik ke setiap diklat reguler

ataupun ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

2 0 3 5 7
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
29
65
20357
0
1525
1876
20357
IP Anda : 54.224.220.72
2018-08-21 07:56